Semua manusia pasti merasakan yang namanya Buang air besar, itu pasti. Namun juga tidak sedikit di antara kita yang tidak tahu kapan tempat ketika merasakan keinginan untuk buang air besar entah itu di sekolahan, kantor, tempat belanja, bioskop dan tempat lain sebagainya. Kita setuju bahwa kalau menahan rasa ingin buang air besar itu rasanya sangat tidak nyaman bahkan beberapa dari kita kesakitan. Penyebab rasa ingin buang air besar pun bermacam – macam bisa karena memang sudah waktunya buang air atau bisa di karenakan penyakit, diare misalnya. Apakah dari kita sudah mengetahui dampak buruk dari menahan buang air besar, tentu tidak semua orang mengetahui dampak buruk dari pada menahan buang air besar.

Para Dokter bedah Gastro entestinal Mengungkapkan bahwa akhir – akhir ini pasien di RS tempat mereka praktek mengalami peningkatan jumlah pasien CA Colon atau bahasa umumnya kangker usus. Penyebab Kanker ini belum di ketahui secara pasti, akan tetapi dokter yakin bahwa penyebab kanker usus ini penyebab terbesarnya adalah menahan BAB. Bisa jadi seperti itu, kenapa ? Nah, pada saat kita ingin buang air besar dan menahannya. usus usus di dalam tubuh kita berkontraksi sebegitu kuatnya untuk menahan agar tinja ( kotoran manusia ) tidak nyelonong keluar begitu saja.

Kanker ini biasa di derita kalangan berumur, karena perlu kita ketahui bahwa usia semakin bertambah maka kegiatan seperti itu juga semakin banyak jika di total. nah apabila kita terbiasa menahan buang air besar hingga tua maka resiko terkena kanker usus ini semakin besar. pada saat kita menahan buang air otot – otot usus akan berkontraksi menahan dan lama-kelamaan otot ini akan edema ( bengkak ). jika hal ini terjadi didalam usus ini akan fatal akibatnya. Bengkak yang tidak di tangani secara cepat dan tepat akan dapat mengakibatkan radang dan infeksi pada usus. Sehingga Sel – Sel kanker dapat tumbuh di usus tersebut. Info Kesehatan