Memilih warna cat rumah ada ilmunya sendiri jadi bukan sekedar mewarnai dinding dan interior tapi harus menyelaraskan dengan kondisi lingkungan. Tentu kita tidak ingin rumah yang kita tinggali dianggap norak dan tidak bernada. Memang ada suatu tempat yang menetapkan warna rumah mereka misalnya seperti di beberapa daerah permukiman ladang menggunakan warna yang sesuai dengan daerah sekitar misalnya kuning. Sehingga nampak jelas sekali bila kesan selaras manjadi seimbang dalam menentukan warna cat rumah.

Saat ini rumah menggambarkan kepribadian seseorang yang mendiaminya. Bila seorang mencintai seni atau seniman rumah yang mereka tempat cenderung memiliki banyak ornamen dan warna yang berani. Bila rumah seorang eksekutif muda maka rumah yang mereka tempat lebih cenderung simple dan minimalis dengan warna cat rumah dominan putih.

Untuk itulah perlu ada wawasan yang cukup dalam menentukan lokasi pembangunan rumah, perabot yang akan digunakan, dan juga siapa orang didalamnya. Tentu kita tidak ingin memiliki rumah dengan warna cat rumah yang dianggap norak oleh sebagian orang karena kita bekerja sebagai eksekutif. Tentukanlah anggaran dana yang sesuai agar lebih terasa mewah. Gunakan seminimal mungkin dana yang dibutuhkan agar tidak membuang biaya sehingga membengkak tidak menentu. Hal ini nantinya juga berpengaruh terhadap warna cat rumah yang kita tinggali.