Modifikasi Motor terbaik harus mementingkan beberapa faktor keselamatan misalnya tetap dibekali dengan spion ganda. Lampu depan belakang tetap menyala terang walau disiang hari. Saat ini menyalakan lampu di siang hari merupakan salah satu kewajiban ketika melakukan perjalanan jauh. Apalagi jika Anda mengendarainya dengan kecepatanan tinggi, kendaraan didepan Anda tidak tidak melihat dengan jelas jika lampu tidka dinyalakan. Sama halnya dengan mengendarai motor rombongan juga harus menyalakan lampu agar dapat dilihat oleh umum.

Beberapa waktu lalu kegiatan menyalakan lampu di siang hari merupakan kegiatan yang janggal. Tapi setelah ada pembuktian bahwa menyalakan lampu disiang hari dapat mengurangi kecelakaan maka seluruh pabrikan motor meniadakan saklar untuk mematikan dan menyalakan motor. Jadi ketika mesin nyala lampu juga otomatis nyala seperti Honda Vario. Hal ini diharapkan kepada seluruh Modifikasi Motor jangan sampai menghilangkan fitur menyalakan lampu otomatis karena dikhawatirkan dapat membahayakan pengemudi. Banyak yang beranggapan bahaya menunggangi motor tanpa menyalakan lampu dapat berakibat fatal. Hal itu memang demikian jadi nyalakanlah lampu disiang hari meski tunggangan motor anda dalam kondisi sudah dimodikasi.

Tak cuma itu, kebanyakan pengemudi nakal yang suka bergaya balap melakukan Modifikasi Motor dengan menghilangkan spion. Jika spion hilang pengemudi tidak bisa mengintip kendaraan di belakangnya. Tindakan ini sangat rawan terhadap kecelakan ditabrak dari belakang. Sedangkan tindakan menoleh kebelakang dapat berakibat fatal menabrak kendaraan yang ada di depan. Lain halnya dengan thaun 70 atau 80an dimana kendaraan masih sepi jadi kita bisa leluasa menoleh. Nah, sekarang jalanan dimana – mana sudah pada merayap jika teledor sedikit nyawa bisa melayang.

Ban motor juga harus diperhatikan saat jangan sampai mengganti ukuran standar minimal kendaraan dengan ban yang lebih kecil lagi. Ban yang paling kecil paling tidak berukuran 80/80 agar keseimbangan di jalan tetap terpenuhi. Lalu, kenapa pabrikan ban memproduksi ban dalam ukuran sangat kecil. Itu ditujukan untuk mengejar pasar balap drag race resmi yang sering di selenggarakan di Indonesia. Adapun motor kontes bertema drag style dan thailook juga banyak di terapkan pada Modifikasi Motor. Jika untuk kebutuhan kontes dan balap drag race boleh – boleh saja dilakukan karena di jalan tempat balapan hanya digunakan oleh 2 orang pengemudi tidak begitu membahayakan pengemudi lain. Bila Anda memakai ban kecil dijalan raya itu salah besar sebab pengguna jalan bukan cuma Anda saja. Jika Anda celaka, bukan cuma Anda saja yang tapi juga pengendara motor lain.

Saya disini tidak berniat menggurui, ini hanyalah sebuah masukan dari pengemudi lain yang merasa dirugikan oleh orang lain. Kok beda dengan judulnya, ini biar menarik minat pembaca agar pesan ini dapat tersampaikan dengan baik. Jika judul tidak menarik lalu siapa yang membaca pesan ini. Banyak kalangan modifikator sudah mulai beralih ke gaya modif teratur seperti bergaya moge dan street fighter. Kalau gaya modif seperti itu sudah pasti aman karena menggunakan BAN berukuran besar. Sehingga lebih meningkatkan keamananan dan kenyamanan walaupun dalam kondisi Modifikasi Motor.