Mencari Social Bookmarking Indonesia?

Salah satu strategi mempromosikan blog Anda adalah dengan memanfaatkan social bookmarking. Jika Anda belum

akrab dengan “binatang” apakah social bookmarking itu (hehehe), berikut kurang lebih kutipan dari Wikipedia:

“Social bookmarking is a way for Internet users to store, organize, share and search bookmarks of web pages. In a social bookmarking system, users save links to web pages that they want to remember and/or share. These bookmarks are usually public, but depending on the service’s features, may be saved privately, shared only with specific people or groups, shared only inside certain networks, or another combination of public and private. The allowed people can usually view these bookmarks chronologically, by category or tags, via a search engine, or even randomly.”

Gampangnya, situs social bookmarking adalah situs yang menyediakan ruang bagi Anda untuk mengirim, menyimpan dan berbagi artikel (baik yang Anda tulis sendiri ataupun artikel dari situs lain) dan memilih artikel-artikel pilihan yang Anda anggap menarik. Semakin banyak yang memilih sebuah artikel, tentu semakin besar peluang datangnya traffic ke link situs tersebut.

Sejumlah situs social bookmarking populer diantaranya adalah Digg, del.icio.us, StumbleUpon, Reddit, BlinkList, Furl, dan Simpy. Sayangnya, situs-situs social bookmarking ini lebih cocok untuk posting-posting artikel berbahasa Inggris. Maklumlah, yang membuat dan pangsa pasarnya memang lebih untuk komunitas berbahasa Inggris.

Bagaimana dengan social bookmarking versi Indonesia? Beberapa situs social bookmarking ternyata sudah mulai muncul di Indonesia. Tentu ini kabar gembira bagi blogger Indonesia yang lebih banyak menulis dalam bahasa Indonesia.

Berikut catatan sejumlah situs social bookmarking Indonesia yang barangkali menarik untuk Anda pertimbangkan:

1. Lintas Berita
Kalau Anda akrab dengan Digg, salah satu situs social bookmarking populer, pasti Anda tidak akan merasa asing dengan tampilan dan cara bekerja Lintas Berita. Secara sederhana, dengan menjadi anggota Lintas Berita, Anda bisa mengirimkan posting blog Anda di situs Lintas Berita dan memiliki peluang untuk mendapatkan voting dari para pembaca Lintas berita. Semakin banyak yang memberikan voting, semakin besar peluang datangnya traffic ke blog Anda. Lintas Berita juga menyediakan widget submit dan vote yang bisa Anda pasang di blog ber-platform WordPress dan Blogspot. Silahkan klik ikon Lintas Berita disudut kanan atas posting ini untuk mencoba men-vote artikel ini.

2. Republik Blog
Salah satu keunikan Republik Blog adalah konsepnya sebagai “peta Blogger Indonesia”. Ya, benar-benar peta. Tampilan ala petanya memanfaatkan fitur Google Maps. Jika ingin mendaftar, Anda cukup memilih lokasi Anda, menuliskan nama dan RSS Feed Anda. Selesai. Anda juga bisa memberikan vote Anda untuk artikel-artikel yang ter-sindikasi di Republik Blog. (Vote untuk posting ini, silahkan klik lokasi Surabaya. Blogguebo ada disana. 🙂 Update: hingga hari ini situs Republik Blog tidak bisa diakses lagi. Saya tidak tahu kenapa. 😦

3. Kilasan
Konsep Kilasan hampir sama dengan Lintas Berita. Situs social bookmarking yang dibuat oleh Thomas Arie Setiawan ini memberi kesempatan setiap anggotanya untuk mengirimkan posting artikel dan memberikan vote artikel yang dianggap menarik. Kilasan juga memberikan widget yang bisa Anda pasang di blog Anda.

4. Blog-m
Blog-m adalah pilihan lain situs social bookmarking Indonesia. Tampilannya menarik, simple, dengan navigasi yang mudah dipahami. Namun jika boleh jujur, sebenarnya tampilan situs-situs social bookmarking Indonesia nyaris seragam karena sama-sama menggunakan framework Pligg. Tapi kalau memang sudah ada yang bagus, kenapa harus bikin sendiri yang baru ya? 🙂 Kekurangan Blog-m, setidaknya saat ini, adalah belum menyediakan widget untuk memudahkan Anda mengirim posting artikel atau melakukan vote dari blog Anda.

5. Tell.web.id
Tell.web.id nampaknya adalah situs social bookmarking terbaru diantara sejumlah situs social bookmarking Indonesia yang lain. Karena masih baru, content-nya pun masih sedikit. Saya tidak tahu persis apakah Tell.web.id ditujukan hanya untuk blogger Indonesia. Melihat TOS-nya yang ditulis dalam bahasa Inggris, sepertinya Tell.web.id ingin go-international juga. 🙂

6. IndoTag
Melihat tampilan IndoTag, sebenarnya tidak berbeda dengan Lintas Berita, Kilasan atau Tell.web.id. Namun jika melihat content-nya, nampaknya IndoTag lebih fokus sebagai music bookmarking dan bukan social bookmarking. Anggotanya juga ternyata tidak cuma dari Indonesia. Jujur, saya tidak tahu kenapa IndoTag yang dipilih sebagai nama situs ini. Tapi jika Anda memiliki blog bertema musik, tidak ada salahnya mendongkrak traffic blog Anda dengan menjadi anggota IndoTag.

Dari keenam situs social bookmarking Indonesia diatas, mana yang terbaik? Saya tidak berani bilang. Hehehe. Tergantung kebutuhan Anda juga. Tapi tidak ada salahnya juga memanfaatkan keenam-enamnya jika memang Anda ingin memaksimalkan usaha mempromosikan blog Anda. Toh gratis kok. 🙂

Jika Anda memiliki informasi tentang situs social bookmarking Indonesia yang lain, silahkan sampaikan masukan Anda di kolom Komentar.

Selamat berbagi, selamat men-vote!

(Gambar diambil dari situs Lintas Berita)

diambil tanpa edit dari http://www.blogguebo.com/2007/12/mencari-social-bookmarking-indonesia.html